Analisis konsistensi antara promosi dan realisasi pada produk Simponi (Simpanan Perjalanan Rohani) di KSPPS BMT Hudatama Semarang

Main Author: Mansyur, Azhar Kholidi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5968/1/132503079.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5968/
Daftar Isi:
  • Analisis konsistensi antara promosi dan realisasi pada produk SIMPONI (Simpanan Perjalanan Rohani) di KSPPS BMT Hudatama Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana operasionalisasi produk SIMPONI di BMT Hudatama (2) Apa kendala dalam konsistensi dalam mempromosikan produk sampai perealisasiannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan analisis deskriptis, yaitu mendeskripsikan data-data yang peneliti kumpulkan baik dari hasil wawancara, observasi maupun dokumentasi, selama mengadakan penelitian di BMT Hudatama Semarang tentang Analisis konsistensi antara promosi dan realisasi pada produk SIMPONI di KSPPS BMT Hudatama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Simpanan Perjalanan Rohani menggunakan akad wadi’ah yaddhamanah, simpanan ini bersifat jangka panjang yakni selama 2 tahun, anggota akan mendapatkan bonus yang sama dengan bagi hasil untuk biaya melakukan perjalanan wisata setelah masa tenggang simpanan melewati batas waktu yang ditetapkan oleh BMT Hudatama berakhir, Dalam mempromosikan produk SIMPONI, team marketing BMT Hudatama menjadikan instansi atau organisasi adalah target utama sebagai segmentasi pemasaran, dimana salah satu syarat untuk bisa membuka simpanan perjalanan rohani adalah minimal 40 orang. Dalam perealisasiannya pihak BMT Hudatama memerlukan banyak pertimbangan untuk melayani anggota yang berbeda-beda pemikiran, karena terdapat anggota yang menawar dan juga meminta tujuan wisata sesuai dengan keinginan pihak anggota.