Peran personal selling sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah nasabah iB Griya Hasanah Pada BNI Syariah Cabang Semarang
Daftar Isi:
- Kebutuhan masyarakat yang semakin beraneka ragam menempatkan kredit atau pembiayaan sebagai produk jasa perbankan yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan pembiayaan sangat membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sandang, pangan, maupun papan. Sebagai salah satu kebutuhan utama manusia, sektor papan (perumahan) merupakan salah satu sektor bisnis menarik. Perkembangan manusia yang semakin bertambah menyebabkan semakin bertambahnya kebutuhan akan perumahan. Rumah merupakan kebutuhan primer bagi pemenuhan kesejahteraan manusia setelah sandang dan pangan. Sehingga dalam menyalurkan KPR Bank BNI Syariah, marketing harus mempunyai strategi untuk menciptakan kepuasan nasabah agar dapat meningkatkan jumlah nasabah. Penulis memfokuskan pada bagaimana mekanisme operasional Pembiayaan iB Griya Hasanah di BNI Syariah cabang Semarang, serta bagimana cara untuk mengembangkan komunikasi pemasaran yang efektif agar dapat menarik minat calon nasabah iB Griya Hasanah di BNI Syariah cabang Semarang. Dengan memfokuskan penelitian pada masalah diatas diharapkan dapat memberikan gambaran dalam rangka mengembangkan ilmu perbankan syariah. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan melakukan penelitian kepustakaan, yaitu teknik pengumpulan data dengan menggunakan sumber tertulis. Penelitian lapangan, yaitu teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dengan Marketing KPR iB Griya Hasanah sehingga mendapatkan data yang akurat pada proses penelitian. Melalui wawancara dan observasi dapat diketahui bahwa peran personal selling yang dilakukan BNI Syariah Cabang Semarang dalam memasarkan produk KPR adalah melalui promosi diberbagai macam media.