Strategi pemasaran produk dana iB gadai emas di BNI Syariah Cabang Semarang
Daftar Isi:
- BNI Syari’ah adalah salah satu lembaga keuangan syari’ah yang berfungsi sebagai lembaga intermediasi untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat. Salah satu produk BNI Syari’ah yang cukup diminati adalah produk iB Gadai Emas. Hal ini dikarenakan karena produk tersebut dapat memberi keuntungan bagi masyarakat yang sedang membutuhkan dana. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang produk ini. Yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah, Pertama, bagaimana strategi pemasaran produk dana iB Gadai Emas di BNI Syari’ah Cabang Semarang, dan Kedua, bagaimana mekanisme produk dana iB Gadai Emas di BNI Syari’ah Cabang Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah penelitian lapangan dengan mengambil lokasi penelitian di BNI Syari’ah Kantor Cabang Semarang dengan pendekatan kualitatif. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Dari penelitian ini, dihasilkan temuan sebagai berikut, Pertama, strategi yang diambil oleh BNI Syari’ah Cabang Semarang untuk memasarkan produk iB Gadai Emas yaitu dengan sasaran dalam memasarkan produk gadai emas harus baik, waktu dalam memasarkan produk gadai emas tersebut juga harus tepat, mengupayakan dan meningkatkan struktur modal, memaksimalkan pengembangan produk gadai emas, memperbaiki performance gadai emas, memberikan sauvenir. Kedua, akad yang digunakan dalam gadai emas adalah Rahn, dimana nasabah menggadaikan emasnya dan memberikan biaya upah (ujrah).