Strategi pemasaran produk tabungan haji pada Bank Mega Syariah cabang Rembang
Daftar Isi:
- Secara geografis, kantor Bank Mega Syari’ah Cabang Rembang terletak di Jln. Kartini No. 35 Rembang, Jawa Tengah. Bank Mega syari’ah berupaya untuk amanah mensejahterakan umat. Sedangkan misinya, yang di emban adalah memberikan layanan jasa keuangan syari’ah terbaik bagi semua kalangan, melalui kinerja organisasi yang unggul, untuk meningkatkan nilai tambah bagi stakeholder dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara terhadap karyawan Bank Mega Syari’ah, observasi secara langsung terhadap obyek tertentu yang menjadi fokus penelitian dan mengetahui suasana kerja di Bank Mega Syari’ah serta mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji pada Bank Mega Syari’ah dan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan di Bank Mega Syariah menunjukkan bahwa produk Tabungan Haji yang terdapat pada Bank Mega Syari’ah yaitu menggunakan akad Mudharabah Mutlaqoh. Mudharabah adalah kerja sama antara dua atau lebih pihak, pengelola modal (shohibul maal) mempercayakan sejumlah modal kepada pengelola (mudharib) dengan suatu perjanjian atau keuntungan. Strategi Pemasaran Produk Tabungan Haji yang dilakuan Bank Mega Syari’ah yaitu dengan melakukan presentasi atau pembagian brosur kepada masyarakat atau secara tidak langsung marketing memperkenalkan kepada orang-orang terdekatnya serta dari segi pelayanan kepada nasabah mengenai persyaratan pendaftaran haji sampai dengan mendapatkan nomor porsi.