Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah (studi kasus di BPRS Saka Dana Mulia Kudus)
Daftar Isi:
- Perkembangan perbankan syariah saat ini tergolong semakin pesat.Persaingan antar bank konvensional dan bank syariah juga semakin tinggi. Hal itu dikarenakan kesadaran masyarakat untuk menginvestasikan dana ditempat yang lebih aman dan nyaman. Salah satu hal yang paling penting dalam menghadapi persaingan pasar adalah peran strategi yang digunakan dalam setiap perbankan.Strategi pemasaran sebgai setrategi yang digunakan dalam meningkatan jumlah nasabah BPRS Saka Dana Mulia Kudus. Dengan rumusan masalah bagaimana strategi pemasaran yang digunakan di BPRS Saka Dana Mulia Kudus dalam meningkatkan jumlah nasabah?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah dan menganalisis bauran pemasaran di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Saka dana Mulia Kudus. Permasalahan yang dihadapi adalah apakah perusahaan mengalami kesulitan dalam menerapkan strategi bauran pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research).Sumber data primer dalam penelitian ini dengan metode wawancara kepada direksi, karyawan BPRS Saka Dana Mulia Kudus.Sementara data sekunder diperoleh menggunakan metode dokumentasi dari arsip dokumen BPRS Saka Dana Mulia Kudus.Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh adanya peningkatan jumlah nasabah dari tahun 2013 sampai dengan 2015 karena BPRS Saka Dana Mulia sudah menerapkan beberapa variabel bauran pemasaran 4P (produk, Place, price, promotion). Dalam metode penelitia, untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah, maka variabel-variabel yang telah digunakan harus terus dipertahankan. Terutama pelayanan pada pelanggan harus meningkatkan kualitas dan mutu produk.Variable Pruduk dan Promosi di BPRS Saka Dana Mulia harus dipertahankan dan ditingkatkan.