Daftar Isi:
  • Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan intensitas pemanfaatan buku mata pelajaran biologi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA N 1 Pegandon tahun pelajaran 2015/2016. Manfaat dari penelitian ini yakni untuk memberikan pertimbangan terkait penyediaan buku mata pelajaran dan mengoptimalkan siswa dalam menggunakannya. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu angket tentang intensitas pemanfaatan buku mata pelajaran Biologi dan nilai raport mata pelajaran Biologi sebagai prestasi belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Korelasi product moment digunakan untuk menganalisis uji hipotesis dan validitas butir angket serta analisis reliabilitas dengan menggunakan rumus belah dua (awal-akhir). Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara intensitas pemanfaatan buku mata pelajaran biologi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegandon tahun pelajaran 2015/2016 dengan sumbangan intensitas pemanfaatan buku mata pelajaran Biologi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegandon tahun pelajaran 2015/2016 sebesar 35% untuk kelas XI IPA 2, 19% untuk kelas XI IPA 4, dan pada semua responden yaitu gabungan kelas XI IPA 2 dan Kelas XI IPA 4 yaitu sebesar 50%.