Efektivitas pendekatan komunikatif melalui metode demonstrasi dengan media terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi Tekanan di SMP PGRI 16 Brangsong tahun pelajaran 2014/2015

Main Author: Susanti, Erma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5891/1/113611019.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5891/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode demonstrasi menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi Tekanan di SMP PGRI 16 Brangsong tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 48 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi untuk mengambil data nama siswa dalam populasi dan sampel penelitian. Pengumpulan data juga menggunakan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar. Kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan dua rata-rata sebelum diberi perlakuan. Pembelajaran kelas eksperimen dengan metode demonstrasi menggunakan alat peraga sederhana sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional Hasil Pengujian hipotesis pada penelitian menggunakan uji-t diperoleh thitung = 1,854 dan ttabel = 1,678 dengan taraf signifikan α = 5% dan dk = 24 + 24 - 2 = 46. Karena thitung > ttabel maka ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 82 dan kelas kontrol sebesar 77. Hal ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi menggunakan alat peraga sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII materi Tekanan di SMP PGRI 16 Brangsong tahun pelajaran 2014/2015. Jadi pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi menggunakan alat peraga sederhana efektif dari pada pembelajaran konvensional.