Daftar Isi:
  • Permasalahan skripsi ini adalah 1). Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran moral dan nilai agama Islam (MONA) pada anak usia dini di KB Hj. Isriati Baiturrahman 2 Manyaran Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. data diambil dari: 1). Pelaksanaan pembelajaran MONA yang dilakukan oleh guru di KB Hj. Isriati Baiturrahman 2 manyaran Semarang, 2). Perilaku siswa di KB Hj. Isriati Baiturrahman 2 Manyaran Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya: observasi yaitu mengamati langsung proses pembelajarannya, wawancara dengan kepala sekolah dan guru pendidik, metode dokumentasi yaitu dengan mengambil dari dokumen yang terkait. Setelah data terkumpul, dan triangulasi data yang kemudian di analisa dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan wacana keilmuan dan khasanah intelektual tentang pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini. Dan dapat di aplikasikan pengasuh, pendidik dalam mengembangkan pelaksanaan pembelajaran yang efektif bagi anak usia dini. Secara umum program pembelajaran di KB Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang menggunakan kurikulum departemen pendidikan nasional dan agama yang disajikan secara komprehensif. Kegiatan penunjang yaitu kurikulum yang disusun sendiri dengan orientasi khusus pendidikan dasar keislaman dan kepribadian. Metode pembelajaran yang digunakan di KB Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang dengan metode bcct (metode belajar sambil bermain), metode cerita, metode pembiasaan dan metode karya wisata. Untuk perencanaan dilakukan dengan guru membuat rencana kegiatan harian (RKH), rencana kegiatan mingguan dan semester. Evaluasi yang dilaksanakan dengan cara bertahap dan berkesinambungan melalui pengamatan harian, catatan anekdot dan penilaian akhir semester. Materi tentang Pembelajaran moral dan nilai agama (MONA) yaitu aqidah, akhlak dan ibadah yang diajarkan setiap hari. aspek pengembangan moral dan nilai agama Islam yang ada di KB Hj. Isriati Baiturrahman 2 Semarang secara garis besar meliputi: Pembiasaan perilaku positif, penanaman kemandirian dan disiplin, serta pembinaan keimanan dan ketakwaan.