Upaya meningkatkan hasil belajar IPA dengan model PROBEX (Predict, Observe, Explain)pada materi pokok tekanan siswa kelas VIII MTs Sudirman Bantal Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015
Main Author: | Miftahuddin, Miftahuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5600/1/113611047.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5600/ |
Daftar Isi:
- Pada umumnya nilai hasil belajar IPA yang dicapai siswa MTs Sudirman Bantal pada materi Konsep Tekanan masih rendah. Banyak siswa yang merasa bosan dan kurang bersemangat dalam belajar. Hal ini disebabkan kerena guru terlalu monoton dan kurang memberikan variasi metode dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA pada materi pokok Tekanan pada siswa kelas VIII MTs Sudirman Bantal melalui penerapan model PROBEX. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PROBEX dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi pokok Tekanan pada siswa kelas VIII MTs Sudirman Bantal, yaitu sebelum perbaikan ketuntasan hanya 36%, setelah siklus I mencapai 64,28% dan setelah pelaksanaan siklus II mencapai 78,5%.