Efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan pendekatan saintifik berbantu alat peraga garis singgung terhadap hasil belajar peserta didik pokok bahasan garis singgung lingkaran kelas VIII MTs N 02 Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Main Author: Tajkiyah, Tajkiyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5599/1/113511028.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5599/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Missouri Mathematics Project dengan menggunakan alat peraga dan pendekatan saintifik efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada persamaan garis singgung di MTs N 02 Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII di MTs N 02Semarang. Pada pengambilan sampel digunakan metode cluster sampling, diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan menggunakan alat peraga dan pendekatan saintifik) dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok subjek yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode dokumentasi metode wawancara dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data mengenai kelas eksperimen, kelas kontrol dan kelas uji coba instrumen. Tes diberikan setelah peserta didik kelas eksperimen diberi perlakuan dan tes tersebut juga diberikan pada kelas kontrol. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda pada kelas uji coba instrumen. Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji humogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji_t. diperoleh t_hitung = 3,401 dan dari tabel distribusi t diperoleh t_tabel = 1,665 dengan α = 0.05 dan dk = 38 + 38 - 2 = 74. Hal ini menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel, jadi H1 : μ1 > μ2 diterima. Artinya, bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan menggunakan alat peraga dan pendekatan saintifik pada materi persamaan garis singgng dua lingkaran berbeda secara nyata dari rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas eksperimen x = 74,42 dan rata-rata kelas kontrol x = 69,58. Hal tersebut nampak bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan menggunakan alat peraga dan pendekatan saintifik pada materi persamaan garis singgung dua lingkaran lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional.