ctrlnum 558
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/</relation><title>Peran Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Qur&#x2019;an (Badko TPQ) terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru TPQ di Kota Semarang</title><creator>Ilyu Sina, Ishmah</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>371 School management; special education</subject><description>Skripsi ini membahas tentang peran badan koordinasi TPQ (Badko TPQ)&#xD; terhadap peningkatan profesionalisme guru TPQ di Kota Semarang. Kajian ini dilatar belakangi oleh banyaknya permasalahan yang dihadapi guru TPQ tentang pembelajarannya, dalam hal ini lembaga yang berakaitan dengan pembentukan keprofesionalan guru ini adalah Badko TPQ sebagai lembaga yang mengkoordinir seluruh kegiatan TPQ. Dengan demikian, studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kegiatan Badko TPQ terhadap peningkatan profesionalisme guru TPQ di Kota Semarang? (2) Bagaimana peran Badko TPQ terhadap peningkatan profesionalisme guru TPQ di Kota Semarang? Lembaga pendidikan Badko TPQ Kota Semarang tersebut digunakan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang guru TPQ yang profesional. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan cara berpikir induktif yaitu menarik kesimpulan dari fakta-fakta yang bersifat empiris kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum.&#xD; Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan Badko TPQ dalam peningkatan profesionalisme guru TPQ sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada kekurangan di berbagai aspek, baik dalam pelaksanaan maupun prakteknya. Tetapi secara teoritis sudah berusaha menjalankan kegiatan dengan baik, dan bila hal ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, maka cita-cita menciptakan guru TPQ yang profesional akan berhasil. Adapun kegiatan yang diadakan Badko TPQ Kota Semarang dalam meningkatkan profesionalisme guru TPQ diwujudkan dalam berbagai bentuk pembinaan, pelatihan, menyiapkan perangkat kurikulum, penataran, dan seminar. (2) Peran Badko TPQ Kota Semarang dalam peningkatan Profesionalisme guru TPQ di kota Semarang Belum berhasil secara maksimal. Terbukti dengan masih banyaknya guru TPQ yang menggunakan metode pembelajaran klasik dan masih banyak guru TPQ yang kurang menguasai materi pembelajaran dengan baik walaupun Badko TPQ Kota Semarang sudah berupaya meningkatkan profesionalisme para guru TPQ melalui program-programnya. Hal ini karena beberapa kendala baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan lembaga Badko TPQ Kota Semarang mendapatkan dukungan dan bantuan dari semua elemen masyrakat dan pemerintah sehingga peran Badko TPQ ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. &#xD; </description><date>2013-01-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/1/083111014_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/2/083111014_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/3/083111014_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/4/083111014_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/5/083111014_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/6/083111014_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/7/083111014_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Ilyu Sina, Ishmah (2013) Peran Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Qur&#x2019;an (Badko TPQ) terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru TPQ di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>558</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ilyu Sina, Ishmah
title Peran Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Qur’an (Badko TPQ) terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru TPQ di Kota Semarang
publishDate 2013
topic 297.77 Islamic religious education
371 School management
special education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/1/083111014_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/2/083111014_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/3/083111014_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/4/083111014_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/5/083111014_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/6/083111014_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/7/083111014_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/558/
contents Skripsi ini membahas tentang peran badan koordinasi TPQ (Badko TPQ) terhadap peningkatan profesionalisme guru TPQ di Kota Semarang. Kajian ini dilatar belakangi oleh banyaknya permasalahan yang dihadapi guru TPQ tentang pembelajarannya, dalam hal ini lembaga yang berakaitan dengan pembentukan keprofesionalan guru ini adalah Badko TPQ sebagai lembaga yang mengkoordinir seluruh kegiatan TPQ. Dengan demikian, studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kegiatan Badko TPQ terhadap peningkatan profesionalisme guru TPQ di Kota Semarang? (2) Bagaimana peran Badko TPQ terhadap peningkatan profesionalisme guru TPQ di Kota Semarang? Lembaga pendidikan Badko TPQ Kota Semarang tersebut digunakan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang guru TPQ yang profesional. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Datanya diperoleh dengan cara wawancara bebas, observasi dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan cara berpikir induktif yaitu menarik kesimpulan dari fakta-fakta yang bersifat empiris kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) kegiatan Badko TPQ dalam peningkatan profesionalisme guru TPQ sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada kekurangan di berbagai aspek, baik dalam pelaksanaan maupun prakteknya. Tetapi secara teoritis sudah berusaha menjalankan kegiatan dengan baik, dan bila hal ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan, maka cita-cita menciptakan guru TPQ yang profesional akan berhasil. Adapun kegiatan yang diadakan Badko TPQ Kota Semarang dalam meningkatkan profesionalisme guru TPQ diwujudkan dalam berbagai bentuk pembinaan, pelatihan, menyiapkan perangkat kurikulum, penataran, dan seminar. (2) Peran Badko TPQ Kota Semarang dalam peningkatan Profesionalisme guru TPQ di kota Semarang Belum berhasil secara maksimal. Terbukti dengan masih banyaknya guru TPQ yang menggunakan metode pembelajaran klasik dan masih banyak guru TPQ yang kurang menguasai materi pembelajaran dengan baik walaupun Badko TPQ Kota Semarang sudah berupaya meningkatkan profesionalisme para guru TPQ melalui program-programnya. Hal ini karena beberapa kendala baik yang berasal dari dalam maupun dari luar. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan lembaga Badko TPQ Kota Semarang mendapatkan dukungan dan bantuan dari semua elemen masyrakat dan pemerintah sehingga peran Badko TPQ ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.
id IOS2754.558
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:46:34Z
last_indexed 2022-09-12T06:32:27Z
recordtype dc
_version_ 1765821466833584128
score 17.538404