Studi Komparasi Hasil Belajar Kognitif Al-Qur’an Hadits antara Siswa yang Sekolah Diniyah dengan Siswa yang Tidak Sekolah Diniyah di MI Falahiyyah Kelas Tinggi Sambung Tembalang Semarang Tahun 2012
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas studi komparasi hasil belajar Al-Qur’an Hadits: antara siswa yang sekolah Diniyah dengan siswa yang tidak sekolah Diniyah. Kajiannya dilatar belakangi pandangan sebagian masyarakat bahwa sekolah Diniyah kurang berpengaruh terhadap hasil belajar. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1). Bagaimana Hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa yang sekolah Diniyah kelas V dan VI di MI Falahiyyah Sambung Tembalang Semarang. (2). Bagaimana Hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa yang tidak sekolah Diniyah kelas V dan VI di MI Falahiyyah Sambung Tembalang Semarang (3). Apakah ada perbedaan Hasil belajar Al-Qur’an Hadits antara siswa yang sekolah Diniyah dengan siswa yang tidak sekolah Diniyah kelas V dan VI di MI Falahiyyah Sambung Tembalang Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Falahiyyah Sambung Tembalang Semarang. MI Falahiyyah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan perbedaan hasil belajar siswa yang sekolah Diniyah dengan siswa yang tidak sekolah Diniyah. Datanya diperoleh dengan cara tes dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis statistik. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus T-test Apabila nilai yang diperoleh lebih besar dari , maka hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Kajian ini menunjukkan bahwa: Hasil belajar Al-Qur,an Hadits siswa yang sekolah Diniyah kelas V dan VI di MI Falahiyyah Sambung Semarang memiliki nilai rata-rata 52,635 dan 82,554 dan Hasil belajar Al-Qur,an Hadits siswa yang tidak sekolah Diniyah kelas V dan VI di MI Falahiyyah Sambung Semarang memiliki nilai rata-rata 37,675 dan 74,743. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis t-tes, untuk mengetahi signifikansi hasil belajar siswa jika > maka signifikan, dan sebaliknya jika < maka non signifikan. Dengan taraf signifikan 5%, db 74 diperoleh = 2,00, dan taraf signifikan 1% diperoleh = 2,65. Diperoleh untuk nilai rapor dan soal tes yaitu 3,214 dan 4,543 maka > . Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel hasil belajar kognitif Al-Qur’an Hadits siswa yang sekolah Diniyah dan hasil belajar kognitif Al-Qur’an Hadits siswa yang tidak sekolah Diniyah di MI Falahiyyah kelas tinggi Sambung Tembalang Semarang tahun 2012, pada taraf signifikansi 1% dan 5% keduanya menunjukkan signifikan, berarti terdapat perbedaan hasil belajar kognitif Al-Qur’an Hadits siswa yang sekolah Diniyah dengan siswa yang tidak sekolah Diniyah kelas V dan VI di MI Falahiyyah Sambung Tembalang Semarang tahun 2012.