Analisis strategi marketing syariah dalam menghadapi persaingan bisnis pada Toko Rabbani Semarang
Main Author: | Ridhawati, Ria Resti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5454/1/112411061.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5454/ |
Daftar Isi:
- Pemasaran syariah adalah pemasaran spiritual yang memandang bahwa pesaing bukanlah musuh, namun mitra sejajar yang mampu memacu kreativitas dan inovasi perusahaan. Persaingan adalah hal yang baik karena akan turut membesarkan pasar. Pemasaran spiritual bertujuan untuk mencapai sebuah solusi yang adil dan transparan bagi semua pihak yang terlibat. Toko Rabbanimerupakan perusahaan garment yang bergerak dalam bidang retail busana muslim dengan tagline “Professor Kerudung Indonesia”. Toko Rabbanimerupakan salah satu perusahaan kerudung instan pertama dan terbesar di Indonesia dengan mengeluarkan produk andalan berupa kerudung instan dan produk lain yang juga telah dikembangkan yaitu busana muslim di antaranya kemko, tunik, kastun, serta perlengkapan lain seperti ciput atau inner kerudung dan aksesoris. Banyaknya pelaku bisnis baru, ancaman produk pengganti, yang membawa kapasitas baru yang menawarkan produk-produk fashion yang lebih fashionable yang siap untuk mengambil pangsa pasar dan prestasi yang telah diraih oleh Toko Rabbani. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitain ini, yaitu: bagaimana strategi marketing pada toko Toko Rabbani Semarang untuk menghadapi persaingan bisnis dalam perspektif ekonomi Islam?, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing pada toko Toko Rabbani Semarang untuk menghadapi persaingan bisnis dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa marketing dilakukan oleh Toko Rabbanisecara garis besar sesuai dengan teori marketing syariah yang meliputi dari karakteristik marketing syariah, prinsip, dan praktik marketing Rasulullah. Dan diaplikasikasikan dalam bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri empat unsur yaitu, saluran distribusi (place), produk barang atau jasa (product), harga (price) dan promosi (promotion). Dari analisis strategi bersaing yang dilakukan Toko Rabbanidalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, strategi bisnis yang dikemukakan Michael Porter yang disebut dengan Porter’s Competitive Strategies yaitu strategi differensiasi. Sehingga Toko Rabbanipada saat ini masih menjadi leader dalam fashion muslim.