Analisis strategi pemasaran pada produk Tamara (Tabungan Mandiri Sejahtera) di BMT el-Labana Semarang

Main Author: Lestari, Tita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5450/1/112411073.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5450/
Daftar Isi:
  • BMT El-Labana Semarang merupakan lembaga keuangan syari’ah yang berada di Semarang. BMT ini menyediakan pelayanan terhadap anggotanya dalam bentuk produk funding yang diperlukan untuk menyimpan dana dan produk lending yang diperlukan bagi anggota yang kekurangan dana. Diantara produk yang ditawarkan pihak BMT El-Labana Semarang, produk TAMARA yang paling diminati oleh anggota dikarenakan produk ini bisa diambil sewaktu-waktu. Sehingga perlu juga adanya strategi dalam pemasaran produk tersebut. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa model strategi pemasaran yang dilakukan BMT El-Labana Semarang. Penelitian dilakukan di BMT El-Labana Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode ini merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari pihak-pihak yang bersangkutan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian, strategi pemasaran BMT El-Labana Semarang menggunakan konsep 4P, yaitu : Product (produk), BMT menawarkan produk TAMARA dengan jujur dan terhindar daei unsur gharar. Price (harga), setoran yang ditentukan pihak BMT tidak memberatkan anggota karena telah disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Place (tempat/saluran distribusi), tempat yang strategis dan nyaman sehingga petugas merasa leluasa dalam memberikan pelayanan kepada anggota maupun calon anggota. Promotion (promosi), cara ini dilakukan BMT untuk menawarkan produknya kepada anggota dengan melalui penjualan pribadi. Sedangkan untuk model strategi pemasaran yang dilakukan BMT El-Labana Semarang yaitu dengan sistem jemput bola yang sangat memudahkan anggotanya, menjalin kerjasama dengan mitra-mitra baru dengan berdasarkan prinsip syari’ah, serta melalui media pemasaran seperti mencetak brosur, pengajian, bakti sosial, sosialisasi ke arisan Dasa Wisma.