Hubungan dukungan belajar PAI orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI di SD Islam Al Madina Semarang
Main Author: | Puspitasari, Kartika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5409/1/103111046.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5409/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan pelaksanaan dukungan belajar PAI orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI di SD Islam Al Madina Semarang . Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yang terdiri dari kelas I, II, III, IV, V dan VI menggunakan teknik stratified sampling. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan intrumen angket untuk mencari data dukungan belajar PAI orang tua (X) dan menggunakan hasil nilai ujian semester untuk data prestasi belajar PAI (Y). Adapun metode analisi data yang digunakan adalah teknik analisis regresi. Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 58 diperoleh Ftabel sebesar 4,01 sedang Freg sebesar 5,0484164. Jika dibandingkan keduanya Freg > Ftabel. Sedangkan sumbangan (X) terhadap ( ) sebesar 0,08 (8%) dengan persamaan garis regresinya yaitu, Berdasarkan hasil pengujian hipotesis variabel dukungan belajar PAI orang tua dan variabel prestasi belajar PAI siswa di SD Islam Al Madina Semarang pada taraf signifikansi 0,05 keduanya menunjukan signifikan, berarti variabel dukungan belajar PAI orang tua berhubungan positif dan signifikan terhadap prestasi belajar PAI di SD Islam Al Madina Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khasanah ilmu pengetahuan dan civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan SD Islam Al Madina Semarang, dan juga bagi orang tua agar senantiasa memberikan perhatian dan bimbingan kepada peserta didik sehingga peserta didik dapat meningkatkan prestasi belajarnya khususnya dalam mata pelajaran PAI.