Pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal tahun ajaran 2013/2014

Main Author: Musadilah, Ilman Achmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5404/1/103111014.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5404/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif antara persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan atau field Research. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena responden yang berjumlah 33 siswa diambil dari 25% jumlah populasinya yaitu 130 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan angket atau kuesioner tertutup untuk memperoleh data variabel X yaitu persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak dan variabel Y yaitu perilaku sosial peserta didik. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Adapun pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan metode skor deviasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1. Tingkat persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak kelas VIII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 84,33 yaitu terdapat antara interval 81-88. 2. Tingkat perilaku sosial peserta didik kelas VIII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai mean 81,82 yaitu terdapat antara interval 78-85. 3. Terdapat atau ada pengaruh positif antara persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik kelas VII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu. Hal ini dapat dibuktikan dengan persamaan regresi Ŷ = 34,03 + 0,555X dan hasil varians garis regresi Fhitung = 8,89 > Ftabel(0,05 ; 1, 46) = 4,052 berarti signifikan, dan Fhitung = 8,89 > Ftabel (0,01 ; 1,46) = 7,220 berarti signifikan. Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima. Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel diatas, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi semua pihak (terutama bagi guru dan orang tua wali peserta didik) untuk lebih meningkatkan perhatian, pengawasan, bimbingan dan pengarahan terhadap anak-anak peserta didik di MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu, sehingga tujuan untuk membentuk generasi penerus yang beriman dan berperilaku yang baik akan terwujud.