Pengaruh persepsi siswa tentang keberagamaan guru aqidah akhlaq terhadap minat belajar aqidah akhlaq siswa kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang tahun pelajaran 2013/2014
Main Author: | Budi, Arif Setya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5388/1/103111015.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5388/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan diantaranya (1) Ingin mengetahui persepsi siswa kelas VI tentang keberagamaan guru aqidah akhlaq di MI Nashrul Fajar. (2) Ingin mengetahui minat belajar aqidah akhlaq siswa kelas VI di MI Nashrul Fajar. (3) Ingin mengetahui apakah keberagamaan guru aqidah akhlaq mempunyai pengaruh terhadap minat belajar aqidah akhlaq siswa kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Subyek penelitian sebanyak 78 responden, yang terdiri atas kelas VI A, VI B, dan VI C di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk mencari data Persepsi siswa tentang keberagamaan guru (X), dan minat belajar siswa (Y), dan informasi dokumentasi untuk mendapatkan dokumen tentang gambaran umum sekolah. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang keberagamaan guru Aqidah Akhlaq kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang mempunyai nilai rata–rata yaitu X = 72 dengan simpangan baku yaitu SD = 2,18. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang keberagamaan guru akidah akhlaq kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang termasuk dalam kategori “cukup baik”, yaitu berada pada interval nilai 71-73. (2) Minat belajar siswa kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran aqidah akhlaq mempunyai nilai rata – rata yaitu Y = 71 dengan simpangan baku yaitu SD = 2,37. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang 2013/2014 pada mata pelajaran aqidah akhlaq termasuk dalam kategori “cukup baik”, yaitu berada pada interval nilai 71 – 72. (3) keberagamaan guru aqidah akhlaq (X) mempunyai pengaruh terhadap minat belajar aqidah akhlaq siswa kelas VI di MI Nashrul fajar Meteseh Tembalang Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014 (Y), dibuktikan dengan persamaan regresi Ŷ = 44,998 + 0,361 X, dan hasil varians garis regresi Fhitung = 9,441 > Ftabel ( 0,05 ; 1, 76) = 3,96 berarti signifikan, dan Fhitung = 9,441 > Ftabel ( 0,01 ; 1, 76) = 6,96 berarti signifikan. Adapun sumbangan yang diberikan oleh variabel (X) Persepsi Siswa Tentang Keberagamaan guru Aqidah Akhlaq Terhadap variabel (Y) Minat Belajar Aqidah Akhlaq Siswa Kelas VI sebesar 11,049 %. Sedangkan 88,951% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain misalnya perhatian guru, perhatian orang tua, teman belajar, metode yang digunakan dalam pembelajaran dan lain sebagainya. Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel X dan Y pada taraf signifikansi 1% dan 5%, keduanya menunjukan arah yang signifikan, hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara Persepsi Siswa tentang keberagamaan Guru Aqidah Akhlaq Terhadap Minat Belajar Aqidah Akhlaq Siswa Kelas VI di MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014.