Pengaruh perhatian dan motivasi orang tua terhadap sikap belajar siswa kelas VI di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2013/2014

Main Author: Ahyan, Ully Fauzi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5373/1/093911081.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5373/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian dan motivasi orang tua terhadap sikap belajar siswa kelas VI di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan teknik analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda. Subyek penelitian sebanyak 53 responden, yang terdiri atas kelas VI A dan VI B di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang menggunakan teknik Random Sampling. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk mencari data perhatian orang tua (X1), motivasi orang tua (X2) dan sikap belajar siswa (Y), dan informasi dokumentasi untuk mendapatkan dokumen tentang gambaran umum sekolah. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. (1) Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 51 diperoleh Ftabel sebesar 4,08 sedang Freg sebesar 4,449. Jika dibandingkan keduanya Freg= 4,449 > Ftabel = 4,08 dengan demikian bahwa variabel Perhatian Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Belajar Siswa di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Sedangkan sumbangan (X1) terhadap ( ) sebesar 0,0802 (8,02%) dengan persamaan garis regresinya yaitu, (2) Hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 51 diperoleh Ftabel sebesar 4,08 sedang Freg sebesar 6,108. Jika dibandingkan keduanya Freg = 6,108 > Ftabel = 4,08 dengan demikian bahwa variabel Motivasi Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Belajar Siswa di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. (2) Sedangkan sumbangan (X2) terhadap ( ) sebesar 0,107 (10,7%) dengan persamaan garis regresinya yaitu, Kemudian untuk teknik analisis regresi linier ganda, hasil pengujian hipotesis penelitian menunjukkan dengan taraf signifikansi 5% dk pembilang 2 dan dk penyebut = N–k–1= N–2–1= 50 diperoleh Ftabel sebesar 3,18 sedang Freg sebesar 4,782. Jika dibandingkan keduanya Freg = 4,782 > Ftabel = 3,18 dengan demikian bahwa variabel Perhatian Orang Tua dan Motivasi Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Belajar Siswa di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Sedangkan sumbangan (X1) dan (X2) terhadap ( ) sebesar 0,1607 (16,07%) dengan persamaan garis regresinya yaitu, Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel Perhatian Orang Tua, variabel Motivasi Orang Tua dan variabel Sikap Belajar Siswa di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan signifikan, berarti variabel Perhatian Orang Tua dan Motivasi Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Belajar Siswa di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Akan tetapi, jika dilihat dari sumbangan relatifnya variable independen (perhatian dan motivasi orang tua) tersebut baik secara sederhana (sendiri) maupun secara bersama-sama hanya memberikan kontribusi yang kecil dalam mempengaruhi sikap belajar siswa. Jadi masih ada faktor lain yang dapat memberikan pengaruh lebih besar terhadap sikap belajar siswa.