Efektifitas penggunaan alat peraga dalam pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, and Intelectually) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keliling persegi dan persegi panjang kelas III di MI NU 1 Penanggulan Pegandon Kendal tahun ajaran 2015/2016

Main Author: Kharis, Samsul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5354/1/113911069.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5354/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang efektifitas penggunaan alat peraga dan pendekatan SAVI pada materi menghitung keliling persegi dan persegi panjang pada kelas III. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi menghitung keliling persegi dan persegi panjang yang ditandai dengan kurang bisa menentukan atau seringnya terbolak-balik dalam menentukan panjang, lebar, sisi dan kurangnya keaktifan dalam pembelajaran. Skripsi ini memiliki tujuan: untuk mengetahui keefektifan penggunaan alat peraga dalam pendekatan SAVI terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi menghitung keliling persegi dan persegi panjang kelas III MI NU 01 Penanggulan Pegandon Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MI NU 01 Penanggulan Kec. Pegandon Kab. Kendal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI NU 01 Penanggulan Pegandon Kendal, terdiri dari dua kelas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang akan menjawab permasalahan yang diangkat oleh peneliti, yaitu: apakah penggunaan alat peraga dalam pendekatan SAVI pada materi menghitung keliling persegi dan persegi panjang efektif untuk meningkatkan hasil belajar kelas III MI NU 01 Penanggulan Pegandon Kendal. Efektif atau tidaknya pada penelitian ini ditunjukkan dengan membandingkan ratarata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dapat dilihat dari perhitungan uji perbedaan rata–rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 2,092 dan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel dengan dk 48 dan tingkat signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan alat peraga dan pendekatan SAVI lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan alat peraga dan pendekatan SAVI sebesar 77,40 dan rata-rata hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional sebesar 68,20, dengan perbedaan kedua rata-rata 09,20. Dari penguji hipotesis dan nilai rata-rata kedua kelas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan pendekatan SAVI efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi menghitung keliling persegi dan persegi panjang kelas III MI NU 01 Penanggulan Kec. Pegandon Kab. Kendal.