Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2013/2014

Main Author: Nashihah, Robiatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5344/1/093911058.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5344/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlqiyah Semarang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: Adakah hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2013/2014?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini penulis mengadakan penelitian korelasi. Teknik korelasi merupakan salah satu teknik analisis kuantitatif yang akan digunakan untuk menguji hipotesis guna menemukan hubungan antara dua variabel. Populasi penelitian sebanyak 24 responden. Pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui pola asuh orang tua, sedangkan untuk pengumpulan data pendukungnya menggunakan metode tes dan dokumentasi. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi dengan rumus product moment, Penelitian ini menunjukkan bahwa dari analisis uji hipotesis diperoleh hasil t hitung adalah 0,872. Sedangkan r tabel untuk taraf signifikansi 5 % yaitu 0,404 dan taraf signifikansi 1% yaitu 0,515. Ini berarti nilai t hitung lebih besar dari r tabel. Berarti ada hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang tahun ajaran 2013/2014. Dengan kata lain semakin tinggi pola asuh orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.