Upaya peningkatan prestasi belajar IPA pada pokok bahasan materi getaran dan gelombang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa kelas VIII MTs Muallimin Malebo Kandangan Temanggung tahun pelajaran 2014/2015
Main Author: | Amroniyah, Syarifatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5341/1/113611072.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5341/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatarbelakangi proses pembelajaran IPA di MTs Muallimin Malebo Kandangan pada kelas VIII berjalan sangat monoton. nilai rata-rata anak belum mencapai KKM. Peserta didik yang mencapai nilai KKM kurang dari 25%, dari niali Nilai KKM pembelajaran yang ditentukan yaitu sebesar 70, oleh karena itu dibutuhkan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah pembelajaran model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar IPA kelas VIII di MTs Muallimin Malebo Kandangan Temanggung?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA materi getaran dan gelombang melalui metode inquiri terbimbing pada peserta didik kelas VIII MTs Mualimin Malebo Kandangan telah mengalami peningkatan. Penilaian dinyatakan telah menunjukkan bahwa secara nilai telah mencapai 72 dari 20 peserta didik. Ketuntasan klasikal sebesar 100 % peserta didik yang mendapat nilai 70 ke atas dapat disimpulkan telah mencapai batas tuntas.