Penerapan metode Modeling The Way pada mata pelajaran fikih materi pokok shalat berjamaah kelas II MI Miftahul Falah Betahwalang Bonang Demak tahun ajaran 2013/2014

Main Author: Hasnak, Irninatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5338/1/093911029.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5338/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang penerapan metode modeling the way pada mata pelajaran fikih materi pokok shalat berjamaah kelas II MI Miftahul Falah Betahwalang Bonang Demak tahun ajaran 2013/2014. Kajian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman siswa dalam proses pembelajaran fikih tentang shalat berjamaah dan bagaimana guru memberikan pembelajaran untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, pelajaran fikih sangat penting dikaji dan dipelajari, agar berjalan dengan lancar, terarah dan sesuai dengan tujuan pembelajaran naka, guru harus dapat menerapkan metode atau strategi yang sesuai dengan materi pembelajaran fikih dan penggunaan metode yang tepat seperti penggunaan metode modeling the way yang digunakan di MI Miftahul Falah Betahwalng Bonang Demak. Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan metode modeling the way pada mata pelajaran fikih materi pokok shalat berjamaah kelas II MI Miftahul Falah Betahwalang Bonang Demak tahun ajaran 2013/2014? (2) faktor- faktor apa sajakah yang mendukung pelaksanaan metode modeling the way pada mata pelajaran fikih materi pokok shalat berjamaah kelas II MI Miftahul Falah Betahwalang Bonang Demak? Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif MI Miftahul Falah dijadikan sumber data untuk mendapatkan potret penerapan metode modeling the way pada mata pelajaran fikih materi pokok shalat berjamaah kelas II tahun ajaran 2013/2014. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penerapan metode modeling the way pada mata pelajaran fikih materi pokok shalat berjamaah kelas II MI Miftahul Falah Betahwalang Bonang Demak berjalan sesuai tujuan. Metode modeling the way dipandang oleh guru fikih kelas II merupakan metode mengajar yang efektif karena dapat membantu peserta didik dalam melakukan sesuatu yang sesuai dengan pembelajaran. Pembelajaran fikih dengan metode modeling the way sudah berhasil dengan cukup baik dan hampir sesuai dengan teori- teori yang ada, namun menurut penulis peserta didik kurang percaya diri saat mempraktekkan shalat berjamaah didepan teman-temannya. Dan bacaan dalam praktek shalat berjamaah kurang fasih karena pendidik di MI Miftahul Falah lebih menekankan pada pembiasaan shalat dhuhur berjamaah yang dilakukan di Masjid dekat sekolah. Namun dalam proses pembelajaran dengan metode modeling the way dapat meningkatkan pemahaman dan pengalaman peserta didik dalam melaksanakan shalat berjamaah dengan benar. Dalam penerapan metode modeling the way pada mata pelajaran fikih materi shalat berjamaah kelas II MI Miftahul Falah Betahwalang Bonang Demak terdapat faktor- faktor yang mendukung antara lain: Guru, Siswa atau peserta didik, Metode pembelajaran, sarana dan prasarana, orang tua atau wali murid dan lingkungan sekitar.