Citra wanita dalam iklan di televisi (analisis terhadap iklan Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga)

Main Author: Istiadi, Lilik Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5285/1/111211037.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5285/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah dalam keberhasilan suatu iklan tidak terlepas dari cara atau teknik penyampain pesan dari iklan itu sendiri. Yang menjadi perumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana citra wanita muslimah dideskripsikan dalam iklan larutan penyegar Cap Kaki Tiga di televisi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui citra wanita muslimah dideskripsikan dalam iklan Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga di televisi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, sedangkan pendekatannya menggunakan semiotika John Fiske. Analisis data dari penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif Hasil pembahasan menunjukkan bahwa: Citra wanita muslimah dideskripsikan dalam dua versi iklan Cap Kaki Tiga yaitu antara Mamah Dedeh dan Umi Pipik, yaitu: 1. wanita tidak harus selalu bersifat lemah lembut, wanita juga boleh bersifat tegas, misal dalam mengambil suatu keputusan. Bersifat lemah lembut memang yang menjadi ciri karakter wanita muslimah. 2. make up yang berlebihan dari kedua model iklan yaitu Mamah Dedeh dan Umi Pipik jika hanya untuk keseharian dan hanya berada didalam rumah. 3. dari segi kostum juga berlebihan dalam mendeskripsikan terutama yang versi Umi Pipik, kostum yang dipakai Umi Pipik itu terlalu berlebihan untuk dipakai keseharian dan hanya didalam rumah. 4. Wilayah dan tanggungjawab perempuan adalah didalam rumah.