Studi korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Kab. Batang
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran fikih peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih, Kab. Batang. Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana minat belajar mata pelajaran fikih peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul ulama 01 Banyuputih, Kab Batang? (2) Bagaimana hasil belajar mata pelajaran fikih peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih, Kab. Batang? (3) Adakah korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran fikih peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah nahdlatul Ulama 01 Banyuputih, Kab. Batang? Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan correlational research (penelitian korelasi). Penelitian ini mengambil 20% dari jumlah populasi sebesar 198 peserta didik, yaitu 40 peserta didik dengan menggunakan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket untuk memperoleh data dari variabel X yaitu minat belajar mata pelajaran fikih, sedangkan variabel Y yaitu hasil belajar mata pelajaran fikih peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih, Kab. Batang diperoleh degan menggunakan nilai raport . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar mata pelajaran fikih peserta didik adalah sebesar 70,65, dan rata-rata hasil belajar mata pelajaran fikih peserta didik adalah sebesar 75,50. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis product moment. Berdasarkan hasil penghitungan uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment, diperoleh r hitung = 0,406 dengan r tabel = 0,403 pada taraf kesalahan 1%, r tabel = 0,312 pada taraf kesalahan 5%. Karena nilai pada r hitung > r tabel maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga korelasi tersebut adalah signifikan pada taraf kesalahan 1% maupun 5 %, dan hubungan tersebut masuk pada kriteria sedang karena 0,400 < r < 0,699, dengan arah hubungan positif. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran fikih peserta didik kelas X di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih, Kab. Batang adalah diterima. Berdasarkan hasil penelitin ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru agar dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, terutama pada mata pelajaran fikih agar hasil belajar peserta didik lebih meningkat.