Penggunaan literasi IPA dengan metode gallery walk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi alat indra peraba manusia (kulit) kelas IV MI Miftahul Ulum Genuk Semarang tahun pelajaran 2013/2014

Main Author: Wahyuni, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5222/1/1239%20111%2058.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5222/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan mengambil subjek penelitian peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Genuk Semarang tahun pelajaran 2015/2016 sejumlah 19 peserta didik. Dengan Permasalahan nilai peserta didik masih banyak yang di bawah KKM, rata rata perolehan nilai ulangan harian 51 sampai 60 sedangkan ketuntasan minimalnya mata pelajaran IPA adalah 70 karena metode pembelajaran yang monoton, Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan penggunaan Literasi IPA dengan metode Gallery Walk sehingga meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Genuk Semarang. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 66,00 dengan ketuntasan klasikal 31,5%. Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 77 dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 89 %.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan literasi IPA dengan metode Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Genuk Semarang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi pokok Alat Indra peraba Manusia