Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fiqih bab shalat berjama’ah menggunakan metode demonstrasi di kelas II MI Muhammadiyah Wonosari Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2014/2015
Main Author: | Hidayati, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5216/1/123911149.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5216/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatarbelakangi oleh materi Fiqih yang kurang diminati peserta didik, metode pembelajaran yang diterapkan kurang efektif, dan waktu yang diberikan untuk pembelajaran Fiqih sangat sedikit sekali. Akibatnya, peserta didik akan mengalami kesulitan pada proses belajarnya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fiqih materi Shalat Berjamaah? 2) Apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Shalat berjamaah dalam pembelajaran Fiqih yang diberikan pada peserta didik kelas II MI Muhammadiyah Wonosari Kota Semarang? Tujuan penelitian ini adalah: a) Untuk mengetahui penerapan metode demontrasi pada mata pelajaran Fiqih materi Sholat Berjamaah pada siswa kelas II MI Muhammadiyah Wonosari Kec. Ngaliyan Kota Semarang tahun ajaran 2014/2015. b) Untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi sebagai upaya peningkatan hasil belajar materi shalat berjamaah mata pelajaran Fiqih Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan di MI Muhammadiyah Wonosari Ngaliyan Semarang Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif dengan menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih materi shalat berjamaah di kelas 2 MI Muhammadiyah Wonosari yang jumlahnya ada 25 peserta didik. Data penelitian diperoleh dengan cara studi dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode demonstrasi mata pelajaran fiqih. Pada tahap pra siklus terdapat 5 (25,02 %) peserta didik yang tuntas, pada siklus I terdapat 14 (68,06 %) siswa yang tuntas, dan pada siklus II terdapat 23 (90,32 %) peserta didik yang tuntas. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode demonstrasi.