Upaya meningkatkan kemampuan menulis surat untuk teman sebaya dengan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sidodadi Patean Kendal tahun pelajaran 2015/2016

Main Author: Junariyah, Junariyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5215/1/123911137.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5215/
ctrlnum 5215
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5215/</relation><title>Upaya meningkatkan kemampuan menulis surat untuk teman sebaya dengan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sidodadi Patean Kendal tahun pelajaran 2015/2016</title><creator>Junariyah, Junariyah</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara mengajar guru yang masih menggunakan cara-cara tradisional, yaitu guru menyampaikan pelajaran, siswa mendengarkan atau mencatat. Penggunaan cara mengajar yang masih tradisional itu, membuat hasil menulis surat pribadi siswa masih belum sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. &#xD; Dari latar belakang tersebut, penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis surat untuk teman sebaya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sidodadi Patean Kendal. Untuk itu metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Contextual Teaching And Learning (CTL). Untuk menindaklanjuti masalah di atas jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini metode pengumpulan datanya menggunakan :observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. &#xD; Dari data yang diperoleh dengan cara observasi keaktifan siswa, tes menulis surat pribadi, wawancara, dan dokumentasi, yang dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian menunjukkan bahwa : (1) metode contextual teaching and learning (CTL) terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas IV MI Negeri Sidodadi dibandingkan dengan sebelum menggunakan motode contextual teaching and learning (CTL). Hal ini ditunjukkan dengan indikator peningkatan kemampuan menulis siswa dari 43% menjadi 86%. Peningkatan tersebut tidak semata &#x2013;mata peran guru saja, melainkan kerjasama yang baik antara guru, siswa, dan kolaborator. (2) meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menulis surat pribadi pada setiap pertemuan. Hal ini ditunjukkan dari hasil yang diperoleh pada kategori aktif dan aktif sekali meningkat dari siklus I 43% , pada siklus IIvmenjadi 86%.</description><date>2015</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5215/1/123911137.pdf</identifier><identifier> Junariyah, Junariyah (2015) Upaya meningkatkan kemampuan menulis surat untuk teman sebaya dengan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sidodadi Patean Kendal tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>5215</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Junariyah, Junariyah
title Upaya meningkatkan kemampuan menulis surat untuk teman sebaya dengan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sidodadi Patean Kendal tahun pelajaran 2015/2016
publishDate 2015
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5215/1/123911137.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5215/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara mengajar guru yang masih menggunakan cara-cara tradisional, yaitu guru menyampaikan pelajaran, siswa mendengarkan atau mencatat. Penggunaan cara mengajar yang masih tradisional itu, membuat hasil menulis surat pribadi siswa masih belum sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Dari latar belakang tersebut, penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis surat untuk teman sebaya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sidodadi Patean Kendal. Untuk itu metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Contextual Teaching And Learning (CTL). Untuk menindaklanjuti masalah di atas jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini metode pengumpulan datanya menggunakan :observasi, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh dengan cara observasi keaktifan siswa, tes menulis surat pribadi, wawancara, dan dokumentasi, yang dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian menunjukkan bahwa : (1) metode contextual teaching and learning (CTL) terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas IV MI Negeri Sidodadi dibandingkan dengan sebelum menggunakan motode contextual teaching and learning (CTL). Hal ini ditunjukkan dengan indikator peningkatan kemampuan menulis siswa dari 43% menjadi 86%. Peningkatan tersebut tidak semata –mata peran guru saja, melainkan kerjasama yang baik antara guru, siswa, dan kolaborator. (2) meningkatnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menulis surat pribadi pada setiap pertemuan. Hal ini ditunjukkan dari hasil yang diperoleh pada kategori aktif dan aktif sekali meningkat dari siklus I 43% , pada siklus IIvmenjadi 86%.
id IOS2754.5215
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:49:39Z
last_indexed 2022-09-12T06:34:00Z
recordtype dc
_version_ 1765821497836830720
score 17.538404