Problematika pembelajaran sistem full day school siswa kelas 1 SDIT Al-Irsyad Tegal

Main Author: Rizky, Azizah Afni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5206/1/113911078.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5206/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas problematika pelaksanaan pembelajaran system full day school di SDIT Al-Irsyad Kota Tegal. Kajiannya dilatarbelakangi oleh inovasi dalam dunia pendidikan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran system full day school Siswa Kelas 1 SDIT Al-Irsyad Kota Tegal? (2) Apa saja problematika yang dialami dan pemecahan masalahnya dalam pelaksanaan pembelajaran system full day school siswa kelas 1 SDIT Al-Irsyad Tegal?. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses pelaksanaan pembelajaran system full day school di SDIT Al-Irsyad berlangsung dari pagi hingga sore hari (07.00-15.00), dalam pelaksanaan pembelajaran full day school banyaknya muatan agama dalam struktur kurikulum yang dikembangkan merupakan kegiatan yang mendukung adanya pembelajaran system full day school. (2) problematika dalam pelaksanaan pembelajaran system full day school diantaranya yang pertama adalah masih ditemukan siswa yang belum mampu menyesuaikan diri dengan jam tambahan yang diberlakukan oleh sekolah, kedua adanya sebagian kecil siswa yang merasa kelelahan atau bosan karena seharian berada di sekolah, ketiga dalam pelaksanaan proses tadarus dan do’a bersama pra KBM masih ditemukan siswa tidak sepenuhnya khidmat, keempat terkadang masih ditemukan pada saat pembelajaran kelas kosong ditinggal gurunya yang berhalangan, kelima masih ditemukan siswa yang bermain-main pada saat pelaksanaan wudhu menjelang sholat dzuhur dan asyar. Solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran system full day school di SDIT Al-Irsyad Tegal melalui kegiatan, pihak sekolah mensosialisasikan akan tujuan pembelajaran system pembelajaran full day school, menerapkan jadwal guru piket pengganti mengajar, dan jadwal guru piket pendamping wudhu & Sholat serta adanya pembinaan oleh pihak sekolah yang dilakukan oleh masing-masing wali kelas, serta pihak sekolah bekerjasama dengan para guru dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan guna tercapai tujuan pembelajaran full day school. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi praktisi pendidikan dan civitas akademika di Lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.