Pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakulikuler karate BKC pada siswa MI Nurussibyan
Main Author: | Muzamil, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5195/1/113911044.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5195/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui apa saja kegiatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakulikuler karate BKC, bagaimana efek dari nilai karakter melalui kegiatan karate dan apa saja factor yang berpengaruh terhadap kegiatan ekstrakulikuler karate BKC. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakulikuler karate BKC. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, adapun data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan sumber data primer diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumen pokok. Sedangkan, data sekunder, berasal dari wawancara, data kepustakaan, buku dan literature lainnya sebagai pelengkap data primer. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakulikuler karate BKC pada siswa MI Nurussibyan dengan metode menelaah setiap gerakan dan metode peneladanan. Implementasi ini berdampak positif terhadap siswa. Baik dalam hal kejujuran, tanggung jawab, disiplin, religious, mandiri, toleransi, semangat kerja keras, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, bersahabat, demokratis, kreatif, cinta damai. Hal ini tidak saja tercermin pada waktu kegiatan berlangsung namun juga berkesinambungan baik dalam lingkungan sekolah pada waktu proses belajar mengajar berlangsung, maupun di lingkungan keluarga. Hal tersebut akhirnya membuahkan penilaian yang positif dan kepercayaan bagi semua. Implementasi pendidikan karakter pada ekstrakulikuler tidak akan terlaksana dengan baik tentunya ada beberapa faktor pendukung salah satunya pelatih yang mampu menyisipkan materi nilai karakter yang terkandung dalam setiap gerakan. Selanjutnya, semoga penelitian ini dapat menjadi khazanah, masukan dan bahan informasi bagi berbagai pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.