Efektivitas penggunaan metode Questions Student Have (QSH) dan media kartu pecahan terhadap hasil belajar siswa materi pecahan kelas III MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Main Author: Sudarti, Ika Ari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5189/1/113911021.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5189/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode questions student have (QSH) dan media kartu pecahan terhadap hasil belajar siswa materi pecahan (membandingkan pecahan) kelas III MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain “posttest only control group design”. Populasi penelitian ini adalah kelas III yang berjumlah 49 siswa terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sample. Dua kelompok sampel yaitu kelas IIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Dari metode dokumentasi didapat jumlah populasi siswa kelas III, nama-nama siswa dan nilai ulangan siswa. Teknik tes diberikan untuk mendapat data akhir hasil belajar siswa yang dijadikan bahan pengukuran dalam penelitian. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 79,76 dan kelas kontrol = 62,83. Hal ini berdasarkan perhitungan hasil penelitian yaitu diperoleh thitung = 6,698 sedangkan ttabel = 1,684 Karena maka ditolak. Kajian ini menunjukkan bahwa : rata-rata hasil belajar siswa materi pokok membandingkan pecahan yang diajar dengan metode questions student have dan media kartu pecahan lebih besar dari pada siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode questions student have dan media kartu pecahan efektif terhadap hasil belajar siswa materi membandingkan pecahan pada kelas III MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal dari pada metode pembelajaran konvensional (ceramah).