Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model Think Pair Share (TPS) pada materi pokok stoikiometri kelas X di MAN 2 Semarang

Main Author: Annisa, Nur Fitri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5154/1/113711031.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5154/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model think pair share (TPS) pada materi pokok stoikiometri di kelas X MAN 2 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami materi yang bersifat hitungan pada mata pelajaran kimia dan kurangnya partisipasi peserta didik di dalam kelas sehingga hasil belajar peserta didik rendah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model TPS efektif diterapkan pada materi pokok stoikiometri di kelas X MAN 2 Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel diperoleh dua kelas yaitu kelas XB sebagai kelompok eksperimen yang mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model TPS dan kelas XD sebagai kelompok kontrol berupa pembelajaran konvensional. Data penelitian diperoleh melalui tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 76,750 sedangkan kelas kontrol adalah 65,275. Uji hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dua pihak. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata dengan taraf signifikan 5%, n1=40, dan n2=40 diperoleh ttabel=1,991 dan thitung=4,680. Hasil analisis menunjukkan thitung>ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan model TPS efektif diterapkan pada materi pokok stoikiometri di kelas X MAN 2 Semarang