Pengaruh motivasi belajar dan locus of control internal terhadap kompetensi profesional calon guru kimia studi pada mahasiswa praktik pengalaman lapangan UIN Walisongo Semarang tahun ajaran 2014/2015
Main Author: | Nadiroh, Anita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5150/1/113711021.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5150/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap kompetensi profesional calon guru kimia? (2) Seberapa besar pengaruh locus of control internal terhadap kompetensi profesional calon guru kimia? (3) Seberapa besar pengaruh motivasi belajar dan locus of control internal terhadap kompetensi profesional calon guru kimia? Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik analisis regresi dua prediktor. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling jenisnya Sampling jenuh dengan jumlah 28 mahasiswa. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket dalam skala psikologi dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis product moment dan analisis regresi dua prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar mahasiswa terhadap kompetensi profesional calon guru kimia. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis X1 terhadap Y diketahui bahwa Freg (8,819) ≥ Ftabel ( 3,34) maka signifikan dan sumbangan relatifnya sebesar = 25,3%. (2) Terdapat pengaruh signifikan antara locus of control internal mahasiswa terhadap kompetensi profesional calon guru kimia. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis X2 terhadap Y diketahui Freg (8,432) ≥ Ftabel ( 3,34) dan sumbangan relatifnya sebesar 24,5%. (3) Terdapat pengaruh signifikan antara motivasi belajar dan locus of control internal mahasiswa terhadap kompetensi profesional calon guru kimia. Setelah dilakukan uji t diketahui thitung (3,065) ≥ ttabel (2,048) sehingga signifikan. Sementara analisis varian diketahui Fhitung (7,086) ≥ Ftabel (3,34) maka signifikan. Hal ini juga ditunjukkan dengan persamaan garis regresi : dan sumbangan relatif 36,1 %.