Pengembangan blog pembelajaran Kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok konsep reaksi oksidasi-reduksi kelas X
Main Author: | Sulistiyani, Yeni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5148/1/113711017.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5148/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh pengaruh teknologi informasi dan komunikasi terhadap sistem pendidikan dan kebutuhan peserta didik. Banyak media internet khususnya blog yang menyuguhkan berbagai materi pembelajaran, tetapi terkadang materi yang disajikan kurang dapat dipertanggungjawabkan, sehingga sering membuat kesalahan informasi yang didapat oleh peserta didik. Blog pembelajaran yang dikembangkan berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok konsep reaksi oksidasi-reduksi sehingga peserta didik dapat menghubungkan materi dengan kehidupan nyata peserta didik.Penelitian ini bertujuan (1) Membuat dan mengembangkan blog pembelajaran kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok konsep reaksi oksidasi-reduksi kelas X (2) Mengetahui kelayakan dan keefektifan blog pembelajaran kimia berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi pokok konsep oksidasi-reduksi kelas X. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R n D), dengan model Reisser dan Molenda (1990-an) yaitu model ADDIE yang meliputi analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (pelaksanaan), dan evaluation (evaluasi). Blog pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai kategori sangat tinggi atau sangat efektif berdasarkan hasil belajar peserta didik yang meliputi kognitif sebesar 80,04%, afektif sebesar 85,8 %, psikomotorik sebesar 84%, dan tanggapan peserta didik sebesar 85,83 %, sehingga blog pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran penunjang.