Penerapan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok pesawat sederhana di MTs YPI Klambu Grobogan

Main Author: Rumini, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5140/1/113611074.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5140/
Daftar Isi:
  • Kesulitan dalam pemahaman konsep, pemecahan masalah, penalaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh guru IPA, oleh karena itu diperlukan pembelajaran dengan suasana belajar aktif, yang salah satunya dengan model pembelajaran kooperatif TAI (Team Assisted Individualization). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok pesawat sederhana di MTs Yayasan Pendidikan Islam Klambu. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas kelas VIII MTs Yayasan Pendidikan Islam Klambu, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas VIII D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok pesawat sederhana di MTs Yayasan Pendidikan Islam Klambu Grobogan. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 57,57 dengan ketuntasan klasikal 51%, pada siklus I meningkat menjadi 71,39 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 78,4 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86%.