Peningkatan hasil belajar materi besaran dan satuan menggunakan Macromedia Flash 8 pada siswa kelas VII di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu tahun pelajaran 2015/2016
Main Author: | Supriyadi, Dedi Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5133/1/113611057.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5133/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini yaitu hasil belajar IPA siswa kelas VII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu masih rendah. Hal ini ditandai dengan aktivitas dan hasil belajar dalam pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang dibawah standar (≤ 60). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran dengan media Macromedia Flash 8 pada materi Besaran dan Satuan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu pada tanggal 03-29 Agustus tahun 2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. NU 05 Sunan Katong Kaliwungu yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang diketahui evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Ketuntasan hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan hasil skor evaluasi yang dilaksanakan di setiap siklus menggunakan kriteria ketuntasan belajar (KKM = 60). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran media Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran media berbasis Macromedia Flash 8 memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa yaitu dari sebelum tindakan sebesar 12 siswa (40%) yang tuntas belajar (yang memperoleh nilai di atas KKM = 60), pada Siklus I menjadi 18 siswa atau 60 %, dan pada Siklus II meningkat menjadi 28 siswa atau 93,33 %.