Keefektifan model pembelajaran student facilitator and explaining dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis kelas XI IPA MA NU BANAT Kudus tahun ajaran 2014/2015

Main Author: Umah, Nasikhatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5132/1/113611029.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5132/
Daftar Isi:
  • Peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran fisika adalah faktor utama, karena dengan peran aktif, peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki peserta didik sebelum proses pembelajaran. Dengan model pembelajaran student facilitator and explaining diharapkan dapat mengembangkan keaktivan, mengarahkan peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran, dan mampu menyampaikan pembelajaran yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran SFAE efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis kelas XI IPA MA NU BANAT Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain posttest-only control design. Hasil penelitian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan hasil uji t sebesar 4,374 dengan t tabel = 1,664, α = 5%. Hasil uji t yang telah dilakukan menunjukkan bahwa t hitung > t tabel.. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 79,00 sedangkan kelompok kontrol sebesar 70,05. Keword: keefektifan, model pembelajaran SFAE