Keefektifan model pembelajaran probing prompting learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs NU 19 Protomulyo Kabupaten Kendal pada materi pokok energi tahun ajaran 2014/2015

Main Author: Dwi N., Aisyah Puji Astuti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5131/1/113611007.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5131/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran probing prompting learning terhadap hasil belajar siswa materi pokok energi kelas VIII MTs NU 19 Protomulyo Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs NU 19 Protomulyo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terbagi menjadi tiga kelas. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diperoleh adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan model pembelajaran probing prompting learning sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes. Metode tes (multiple choice test) digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Data hasil penelitian diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata. Uji hipotesis penelitian ini dengan menggunakan t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 3,875 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel berarti rata-rata hasil belajar fisika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran probing prompting learning lebih tinggi daripada nilai rata-rata pembelajaran konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting e learning pada materi pokok energi efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII semester genap di MTs NU 19 Protomulyo tahun pelajaran 2014/2015.