Daftar Isi:
  • Baca tulis al-Qur’an merupakan salah satu bagian mata pelajaran pendidikan agama Islam yang perlu diajarkan dengan tujuan agar anak dapat membaca dan menulis al-Qur’an dengan benar dan lancar. Asas ini nampaknya tidak mengecualikan kasus bagaimana umat ini bisa kokoh dalam akidah maupun dalam syari’ah dan memiliki kesadaran dalam berakhlakul karimah, ternyata kokohnya syari’ah dalam agama dapat dikenali, difahami, diajarkan, dan diwariskan juga melalui membaca. Penelitian bertujuan : 1) Untuk mengetahui strategi pembelajaran baca tulis al-Qur’an, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di kelas III MI Tsamrotul Huda II Jatirogo Bonang Demak Tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, penelitian bermaksud untuk memahami tentang apa yang dialami subjek penelitian pada suatu konteks khusus. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Selanjutnya pengolahan data menggunakan tiga langkah utama dalam penelitian, yaitu: Data Reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), Conclusion Drawing / Verification data (menyimpulkan data). Data Reduction (Reduksi data) dipergunakan untuk menganalisa atau mengolah data. Data Display (penyajian data) dipergunakan untuk mendisplaykan data. Dalam penelitian kualitatif penyajian data bisa dilakukan dalam bentuk uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori dan sejenisnya. Conclusion Drawing / Verification dipergunakan untuk menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran baca tulis al-Qur’an yang dilaksanakan di kelas III MI Tsamrotul Huda II Jatirogo dilaksanakan dengan beberapa metode, diantaranya metode ceramah, latihan, dan tanya jawab. Media yang digunakan yaitu menggunakan media cetak seperti buku bacaan, dan materi pembelajaran, diantaranya bacaan Nun mati dan Tanwin, bacaan Nun dan Mim Tasydid, dan Al Qomariyah dan Al Syamsyiyah. 2) Faktor–faktor yang mempengaruhi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an terdapat dalam diri siswa yaitu adanya faktor yang ada dalam diri siswa yaitu faktor psikis dan faktor fisik dan juga faktor yang datang dari luar siswa seperti faktor pengatur proses belajar di sekolah dan sosial di sekolah.