Peran kepala madrasah dalam pengembangan minat baca peserta didik di MIT Nurul Islam Ngaliyan-Semarang
Main Author: | Wijayanti, Nia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5052/1/113311016.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5052/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan minat baca peserta didik tidak hanya tanggungjawab guru bidang bahasa Indonesia saja, tetapi kepala madrasah pun bertanggungjawab atas pengembangan minat baca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai educator dalam pengembangan minat baca peserta didik di MIT Nurul Islam Ngaliyan-Semarang. (2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai manajer dalam pengembangan minat baca peserta didik di MIT Nurul Islam Ngaliyan-Semarang. (3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai innovator dalam pengembangan minat baca peserta didik di MIT Nurul Islam Ngaliyan-Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi, serta dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala madrasah sebagai educator dalam pengembangan minat baca peserta didik meliputi meliputi tiga pembinaan, yakni pembinaan mental dan moral, serta pembinaan artistik. (2) Peran kepala madrasah sebagai manajer dalam pengembangan minat baca peserta didik di MIT Nurul Islam meliputi merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan. Dalam mengorganisasikan sumber daya, kepala madrasah menggandeng mitra USAID dan UIN Walisongo Semarang. Namun dalam pengambilan keputusan, kepala MIT Nurul Islam Ngaliyan-Semarang masih terhalang dengan kebijakan-kebijakan dari yayasan yang melemahkan program pengembangan minat baca. (3) Peran kepala madrasah sebagai innovator dalam pengembangan minat baca peserta didik di MIT Nurul Islam Ngaliyan-Semarang meliputi inovasi strategi, pola pikir (mindset) dan struktur.