Manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini (studi di TK Islam Miftahul Jannah Semarang)

Main Author: Choiriah, Mufidatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5051/1/113311004.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5051/
ctrlnum 5051
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5051/</relation><title>Manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini (studi di TK Islam Miftahul Jannah Semarang)</title><creator>Choiriah, Mufidatun</creator><subject>372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)</subject><subject>375 Curriculums</subject><description>Dalam proses pendidikan perlu dilaksanakan manajemen kurikulum agar perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berjalan dengan efektif, efisien, dan optimal dalam memberdayakan berbagai sumber belajar, pengalaman belajar, maupun komponen kurikulum.&#xD; Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di TK Islam Miftahul Jannah Semarang? (2) Apa masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di TK Islam Miftahul Jannah Semarang? Permasalahan terebut dibahas melalui studi deskripsi lapangan yang dilaksanakan di TK Islam Miftahul Jannah Semarang.&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Manajemen Kurikulum PAUD di TK Islam Miftahul Jannah Semarang. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan verifikasi terhadap data yang telah terkumpul. Verifikasi tersebut dilakukan dengan metode triangulasi. &#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di TK Islam Miftahul Jannah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum telah berjalan dengan baik meskipun masih ditemui sedikit kendala antara lain adanya sulitnya memahami RKM untuk dijadikan RKH, kurangnya kreatifitas guru dalam pembelajaran, perlunya dukungan sarana yang memadai, dan menetapkan evaluasi. Perencanaan kurikulum dilakukan secara keseluruhan mulai dari pembuatan PROTA, PROMES, RKM dan RKH. Pelaksanaan kurikulum di TK Islam Miftahul Jannah tercermin pada kegiatan pembelajaran sehari-hari. Sedangkan untuk evaluasi, ada evaluasi terhadap siswa dan evaluasi terhadap guru.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa saran, yaitu: (1) bagi kepala sekolah, guru dan siswa hendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikannya semaksimal mungkin.(2) bagi penelitian lanjutan, hendaknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai tambahan reverensi dan diharapkan dapat dilakukan penelitian yang lebih baik dan sempurna tentang Manajemen Kurikulum PAUD.</description><date>2015-11-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5051/1/113311004.pdf</identifier><identifier> Choiriah, Mufidatun (2015) Manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini (studi di TK Islam Miftahul Jannah Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>5051</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Choiriah, Mufidatun
title Manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini (studi di TK Islam Miftahul Jannah Semarang)
publishDate 2015
topic 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup
TK
SD)
375 Curriculums
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5051/1/113311004.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5051/
contents Dalam proses pendidikan perlu dilaksanakan manajemen kurikulum agar perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum berjalan dengan efektif, efisien, dan optimal dalam memberdayakan berbagai sumber belajar, pengalaman belajar, maupun komponen kurikulum. Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di TK Islam Miftahul Jannah Semarang? (2) Apa masalah yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di TK Islam Miftahul Jannah Semarang? Permasalahan terebut dibahas melalui studi deskripsi lapangan yang dilaksanakan di TK Islam Miftahul Jannah Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Manajemen Kurikulum PAUD di TK Islam Miftahul Jannah Semarang. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan verifikasi terhadap data yang telah terkumpul. Verifikasi tersebut dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di TK Islam Miftahul Jannah yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum telah berjalan dengan baik meskipun masih ditemui sedikit kendala antara lain adanya sulitnya memahami RKM untuk dijadikan RKH, kurangnya kreatifitas guru dalam pembelajaran, perlunya dukungan sarana yang memadai, dan menetapkan evaluasi. Perencanaan kurikulum dilakukan secara keseluruhan mulai dari pembuatan PROTA, PROMES, RKM dan RKH. Pelaksanaan kurikulum di TK Islam Miftahul Jannah tercermin pada kegiatan pembelajaran sehari-hari. Sedangkan untuk evaluasi, ada evaluasi terhadap siswa dan evaluasi terhadap guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, ada beberapa saran, yaitu: (1) bagi kepala sekolah, guru dan siswa hendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikannya semaksimal mungkin.(2) bagi penelitian lanjutan, hendaknya hasil penelitian ini dijadikan sebagai tambahan reverensi dan diharapkan dapat dilakukan penelitian yang lebih baik dan sempurna tentang Manajemen Kurikulum PAUD.
id IOS2754.5051
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:49:34Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:57Z
recordtype dc
_version_ 1765821497006358528
score 17.538404