Pengaruh pendidikan akhlak orang tua terhadap akhlak anak di dalam kelas bagi siswa di Madin Miftahul Falah Desa Sidogemah Kec Sayung Kab Demak tahun pelajaran 2015
Main Author: | Syaifudin, Muhammad Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5039/1/113111130.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5039/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini dilatarbelakangi oleh realitas pendidikan pada masa sekarang ini. Penurunan kualitas pendidikan di Indonesia yang kurang menaruh perhatian terhadap pendidikan afektif peserta didik yang mengakibatkan merosotnya moralitas generasi muda, beberapa tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sudah menjadi hal yang biasa. Beberapa faktor yang memengaruhi akhlak anak, salah satunya dari lingkungan keluarga. Orang tua yang diharapkan menjadi pendidik pertama dan utama bagi anak, belakangan ini kurang memerhatikan akhlak yang dimiliki oleh anaknya. Indikasi ini dilihat penulis melalui gejala perilaku yang ditunjukkan oleh peserta didik di dalam kelas Madin miftahul Falah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh Pendidikan Akhlak Orang Tua Terhadap Akhlak Anak Di Dalam Kelas Bagi Siswa Madin Miftahul Falah Desa Sidogemah Kec Sayung Kab Demak Tahun Pelajaran 2015. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan teknik analisis regresi. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan seluruh siswa, dengan jumlah responden 44 siswa dari jumlah total siswa Madin Miftahul Fallah 44 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu metode angket, metode dokumentasi, dan metode observasi. Metode angket digunakan untuk mengambil data tentang kedua variabel, yaitu untuk mengetahui pendidikan akhlak orang tua dan untuk mengetahui akhlak anak. Metode dokumentasi di gunakan untuk memperoleh data-data yang berkaitan dengan keadaan sekolah, keadaan guru, dan keadaan siswa. Metode observasi digunakan untuk mengamati bagaimana akhlak yaitu melalui perilaku siswa ketika di dalam kelas dan di lingkungan sekolah.. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh positif Pendidikan Akhlak Orang Tua Terhadap Akhlak Anak Di Dalam Kelas Bagi Siswa Madin Miftahul Falah Desa Sidogemah Kec Sayung Kab Demak Tahun Pelajaran 2015. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai persepsi siswa tentangpendidikan akhlak orang tua sebesar 70,465 adalah pada interval 66-72, dengan kategori baik. Dan data tentang akhlak anak di dalam kelas bagi siswa Madin Miftahul Falah yaitu pada rata-rata 75,273 adalah pada interval 69-75, dengan kategori baik. Terbukti hasil perhitungan Freg hitung = 6,78 lebih besar jika dibandingkan dengan angka pada nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% (6,78> 4,06). Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan yang berbunyi “ada pengaruh positif antara pendidikan akhlak orang tua terhadap akhlak anak di dalam kelas bagi siswa Madin Miftahul Fallah Desa Sidogemah Kec Sayung Kab Demak tahun pelajaran 2015” dapat diterima.