Studi komparasi keberagamaan antara siswa SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang dan MTs Al-Khoiriyyah Semarang tahun pelajaran 2014/2015
Main Author: | Mahiroh, Aniiqotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5017/1/113111038.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5017/ |
Daftar Isi:
- Kaitannya dengan judul di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keberagamaan siswa SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang tahun pelajaran 2014/2015?. 2)Bagaimana keberagamaan siswa MTs. Al-Khoiriyyah Semarang tahun pelajaran 2014/2015?. 3) Adakah perbedaan keberagamaan antara siswa SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang dan siswa MTs. Al-Khoiriyyah Semarang tahun 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi keberagamaan antara siswa SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang dan siswa MTs. Al-Khoiriyyah Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif komparatif yang digunakan untuk meneliti apakah antara dua atau lebih dari dua kelompok ada perbedaan dalam aspek atau variabel yang diteliti. Dari segi teknik pengumpulan data penelitian ini termasuk penelitian survei yang menggunakan angket sebagai instrumen inti dalam penelitian, yang kemudian di dukung dengan teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 74 siswa SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang dan 54 siswa MTs. Al-Khoiriyyah Semarang yang di ambil melalui teknik probability sampling jenis cluster random sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa: 1) Rata-rata keberagamaan siswa SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang diketahui nilainya 108,2, termasuk dalam kategori “Cukup” yaitu terletak pada interval 104 – 110, 2) rata-rata keberagamaan siswa MTs. Al-Khoiriyyah Semarang diketahui nilainya 109,3, termasuk dalam kategori “Cukup” yaitu terletak pada interval 105-112, serta 3) Berdasarkan pada data empirik yang ada di SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang dan MTs. Al-Khoiriyyah Semarang diketahui nilai T_hitung diperoleh sebesar-0.84715, kemudian dikonsultasikan kedalam table signifikansi 5% maupun 1%, maka menghasilkan hasil temuan sebagai berikut: a) T_hitung = -0.84715 < (0.05;126) = 1.97897→ tidak signifikan, b) T_hitung= -0.84715 < (0.01;126) = 2.61541→ tidak signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan keberagamaan antara siswa SMP H. Isriati Baiturrahman Semarang dan MTs. Al-Khoiriyyah Semarang tahun pelajaran 2014/2015