Implementasi pendidikan karakter di MTs Taqwal Ilah Tunggu Tembalang Semarang

Main Author: Taaib, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5016/1/113111034.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5016/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas pelaksanaan pendidikan karakter di MTs Taqwal Ilah Tunggu Tembalang Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan dan pembinaan karakter. Dikarenakan melihat dekadensi moral, seperti penyimpangan-penyimpangan yang jauh dari karakter mulia. Pendidikan karakter merupakan fondasi awal untuk menanamkan karakter kepada peserta didik agar menjadi generasi yang berakhlak mulia. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: “Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter MTs Taqwal Ilah Tunggu Tembalang Semarang?”. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan MTs Taqwal Ilah Tunggu Tembalang Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan yang data-datanya berupa kata-kata dan gambar, bukan berupa angka atau data statistik. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini menunjukkan, bahwa pelaksanaan pendidikan karakter MTs Taqwal Ilah Tunggu Tembalang Semarang dilakukan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai karakter kedalam program-program Madrasah. Penerapannya sendiri dilaksanakan dengan menggunakan metode reward and punishment, metode motivasi, metode pembiasaan, dan metode keteladanan kepada peserta didik. Sedangkan proses pendidikan karakter MTs Taqwal Ilah dilaksanakan melalui program harian, program integratif, program ekstrakurikuler, program pembiasaan, dan program tahunan. Hasil dari penelitian ini ditunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik dengan mencerminkan nilai-nilai karakter mulia, seperti: religius, jujur, toleransi, disiplin, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, dan tanggungjawab. Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi lembaga pendidikan khususnya MTs Taqwal Ilah Semarang, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.