Penanggulangan kenakalan remaja menurut konsep Kartini Kartono ditinjau dari perspektif pendidikan Islam

Main Author: Arifiyani, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5009/1/113111016.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5009/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Konsep Kartini Kartono dalam menanggulangi kenakalan remaja, (2) Konsep Pendidikan Islam dalam menanggulangi kenakalan remaja, (3) Relevansi Pemikiran Kartini Kartono dengan Tujuan Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengumpulkan data dengan menggunakan studi kepustakaan (library research). Untuk memperoleh data-data, penulis menggunakan sumber primer dan sumber sekunder. Kemudian data-data yang ada, penulis analisis dengan metode analisis isi (content analysis) dan deskriptif data. Kajian ini menunjukkan bahwa (1) Menurut Kartini Kartono untuk menanggulangi Kenakalan Remaja diperlukan beberapa tindakan preventif, diantaranya: (a) Meningkatkan kesejahteraan keluarga, mendirikan klinik bimbingan psikologis dan edukatif untuk memperbaiki tingkah laku dan membantu remaja dari kesulitan mereka, perbaikan lingkungan, yaitu daerah rawan, kampung-kampung miskin, mendirikan sekolah bagi anak gembel (miskin), mendirikan tempat rekreasi yang sehat bagi remaja. (2) Menurut Konsep Pendidikan Islam dalam menanggulangi kenakalan remaja dapat dilakukan dengan: (a) Ikhtiar pencegahan yang bersifat umum meliputi: pembinaan di lingkungan keluarga, sekolah dan luar sekolah serta rumah tangga, (b) Usaha-usaha Pencegahan yang bersifat khusus yang meliputi: pengawasan dan bimbingan dan penyuluhan. (3) Relevansi pemikiran Kartini Kartonosejalan dengan tujuan pendidikan Islam yaitu bahwa penanggulangan kenakalan remaja disamping peran dari orangtua, peranan sekolah atau pendidikan juga sangat besar fungsinya dalam membentuk karakter remaja.