Korelasi tingkat pendidikan formal orang tua dengan prestasi belajar bidang studi Akidah Akhlak di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati tahun pelajaran 2015/2016

Main Author: Fitriani, Erna Noor Fika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5007/1/113111005.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5007/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Korelasi Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Akidah Akhlak di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati. Adapun rumusan masalahnya adalah: (1) bagaimana tingkat pendidikan formal orang tua peserta didik di MA Matholiul Huda Pucakwangi Tahun pelajaran 2015-2016 (2) Bagaimana prestasi belajar studi Akidah akhlak di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati Tahun ajaran 2015-2016 (3) Adakah korelasi tingkat pendidikan formal orang tua (ibu dan ayah) dengan prestasi belajar bidang studi Akidah Akhlak di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Tahun Ajaran 2015-2016. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui tingkat pendidikan formasl orang tua peserta didik di MA Matholiul Huda Pucakwangi Pati (2) untuk mengetahui prestasi belajar studi Akidah akhlak di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati (3) untuk mengetahui ada atau tidak adanya korelasi tingkat pendidikan formal orang tua dengan prestasi belajar bidang studi Akidah Akhlak di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik random sampling (acak). Populasi penelitian berjumlah 159 siswa kelas XI di MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati . adapun sampel yang diambil peneliti adalah 20% dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 32 siswa. Hasil analisis data untuk mengetahui seberapa besar kecilnya sumbangan variabel X (tingkat pendidikan formal orang tua) terhadap variabel Y (prestasi belajar akidah akhlak), dihitung menggunakan rumus korelasi kontingensi. Dari perhitungan tersebut diperoleh dapat diketahui bahwa pada taraf signifikansi 5% dan pada taraf signifikansi 1% menunjukkan nilai ɸ lebih kecil dari “r” Tabel yaitu (0,23 < 0,349 < 0,449). Dengan demikian Ho diterima. Berarti “Tidak ada korelasi antara tingkat pendidikan formal orang tua dengan prestasi belajar Akidah Akhlak di kelas XI MA Matholi’ul Huda Pucakwangi Pati”.