Pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim dan akhlak mahasiswa pondok pesantren Hidayatul Qulub Tambakaji Ngaliyan Semarang terhadap dosen UIN Walisongo Semarang
Main Author: | Novianto, Akhmad Faris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5006/1/113111003.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5006/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pertimbangan menggunakan metode ini adalah untuk mengungkapkan realitas dan aktualitas mengenai akhlak dari pembelajaran kitab ta’lim al-muta’allim di pondok pesantren Hidayatul Qulub. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, diperoleh gambaran tentang akhlak al-karimah santri mahasiswa yang diperoleh dari pembelajaran kitab ta’lim al-muta’allim, berdasarkan visi dan misi dari lembaga serta sekumpulan metode dalam pembinaan santri mahasiswa yang yang berupa keteladanan pengasuh pondok pesantren Hidayatul Qulub. Pelaksanaan pembelajaran kitab ta’lim al-muta’allim dilaksanakan menggunakan beberapa metode yaitu bandongan, ceramah, tanya jawab, serta keteladanan yang diberikan pengasuh di luar pembelajaran. Sedangkan akhlak santri mahasiswa dari pembelajaran kitab ta’lim al-muta’allim adalah terbentuknya akhlak al-karimah dalam diri santri mahasiswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dalam sikap-sikap terpuji yang ditunjukkan oleh santri mahasiswa pondok pesantren Hidayatul Qulub terhadap dosen UIN Walisongo di kelas maupun di luar kelas. Adapun Akhlak di dalam kelas (ta’dzim, disiplin, sopan santun, tanggungjawab, jujur, gotong royong, dan percaya diri). Akhlak di luar kelas (S 4, mendo’akan dosen, mentaati peraturan kampus, dam menjaga lingkungan kampus).