Efektivitas pendekatan saintifik dengan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Kendal mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan (pengaruh hujan) tahun ajaran 2014/2015

Main Author: Maskanah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005/1/103911043.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005/
ctrlnum 5005
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005/</relation><title>Efektivitas pendekatan saintifik dengan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Kendal mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan (pengaruh hujan) tahun ajaran 2014/2015</title><creator>Maskanah, Siti</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>372.3 Sains untuk pendidikan dasar</subject><description>Skripsi ini membahas tentang efektifitas pendekatan Saintifik dengan Metode Practice-Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Salafiyah Kendal. Kajian ini ditulis berdasarkan latar belakang yang ditemukan penulis di lapangan bahwa keadaan siswa dalam proses pembelajaran masih terpusat pada guru, dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa kurang aktif, kreatif, suasana dalam kelas membosankan, serta kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik seperti dijumpai anak asyik bermain sendiri saat guru menjelaskan pelajaran.&#xD; &#xD; Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penggunaan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs Efektif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui penggunaan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs Efektif terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan di atas dibahas melalui penelitian eksperimen dengan desain &#x201C;posttest-only control design&#x201D; yang dilaksanakan di kelas IV MI Salafiyah Kendal. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan peserta didik. Datanya diperoleh dengan metode tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. &#xD; &#xD; Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : pengunaan pendekatan Saintifik dengan Metode Practice-Rehearsal Pairs efektif Terhadap hasil belajar Siswa dibuktikan dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs sebesar 76,75% lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional yaitu sebesar 64,750 %, dan dibuktikan dari penghitungan , sedangkan ttabel = 1,686. Karena maka ditolak dan perbedaan rata-rata kedua hasil belajar adalah signifikan.</description><date>2015-07-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005/1/103911043.pdf</identifier><identifier> Maskanah, Siti (2015) Efektivitas pendekatan saintifik dengan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Kendal mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan (pengaruh hujan) tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>5005</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Maskanah, Siti
title Efektivitas pendekatan saintifik dengan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Kendal mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan (pengaruh hujan) tahun ajaran 2014/2015
publishDate 2015
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
372.3 Sains untuk pendidikan dasar
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005/1/103911043.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005/
contents Skripsi ini membahas tentang efektifitas pendekatan Saintifik dengan Metode Practice-Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Salafiyah Kendal. Kajian ini ditulis berdasarkan latar belakang yang ditemukan penulis di lapangan bahwa keadaan siswa dalam proses pembelajaran masih terpusat pada guru, dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa kurang aktif, kreatif, suasana dalam kelas membosankan, serta kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik seperti dijumpai anak asyik bermain sendiri saat guru menjelaskan pelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penggunaan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs Efektif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui penggunaan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs Efektif terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan di atas dibahas melalui penelitian eksperimen dengan desain “posttest-only control design” yang dilaksanakan di kelas IV MI Salafiyah Kendal. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan peserta didik. Datanya diperoleh dengan metode tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : pengunaan pendekatan Saintifik dengan Metode Practice-Rehearsal Pairs efektif Terhadap hasil belajar Siswa dibuktikan dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs sebesar 76,75% lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional yaitu sebesar 64,750 %, dan dibuktikan dari penghitungan , sedangkan ttabel = 1,686. Karena maka ditolak dan perbedaan rata-rata kedua hasil belajar adalah signifikan.
id IOS2754.5005
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:49:34Z
last_indexed 2022-09-12T06:33:57Z
recordtype dc
_version_ 1765821496635162624
score 17.538404