Efektivitas pendekatan saintifik dengan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Kendal mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan (pengaruh hujan) tahun ajaran 2014/2015
Main Author: | Maskanah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005/1/103911043.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005/ |
ctrlnum |
5005 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005/</relation><title>Efektivitas pendekatan saintifik dengan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Kendal mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan (pengaruh hujan) tahun ajaran 2014/2015</title><creator>Maskanah, Siti</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>372.3 Sains untuk pendidikan dasar</subject><description>Skripsi ini membahas tentang efektifitas pendekatan Saintifik dengan Metode Practice-Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Salafiyah Kendal. Kajian ini ditulis berdasarkan latar belakang yang ditemukan penulis di lapangan bahwa keadaan siswa dalam proses pembelajaran masih terpusat pada guru, dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa kurang aktif, kreatif, suasana dalam kelas membosankan, serta kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik seperti dijumpai anak asyik bermain sendiri saat guru menjelaskan pelajaran.

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penggunaan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs Efektif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui penggunaan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs Efektif terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan di atas dibahas melalui penelitian eksperimen dengan desain “posttest-only control design” yang dilaksanakan di kelas IV MI Salafiyah Kendal. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan peserta didik. Datanya diperoleh dengan metode tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. 

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : pengunaan pendekatan Saintifik dengan Metode Practice-Rehearsal Pairs efektif Terhadap hasil belajar Siswa dibuktikan dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs sebesar 76,75% lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional yaitu sebesar 64,750 %, dan dibuktikan dari penghitungan , sedangkan ttabel = 1,686. Karena maka ditolak dan perbedaan rata-rata kedua hasil belajar adalah signifikan.</description><date>2015-07-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005/1/103911043.pdf</identifier><identifier> Maskanah, Siti (2015) Efektivitas pendekatan saintifik dengan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Kendal mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan (pengaruh hujan) tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>5005</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Maskanah, Siti |
title |
Efektivitas pendekatan saintifik dengan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Kendal mata pelajaran IPA materi perubahan lingkungan (pengaruh hujan) tahun ajaran 2014/2015 |
publishDate |
2015 |
topic |
371.3 Metode kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
url |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005/1/103911043.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5005/ |
contents |
Skripsi ini membahas tentang efektifitas pendekatan Saintifik dengan Metode Practice-Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Salafiyah Kendal. Kajian ini ditulis berdasarkan latar belakang yang ditemukan penulis di lapangan bahwa keadaan siswa dalam proses pembelajaran masih terpusat pada guru, dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa kurang aktif, kreatif, suasana dalam kelas membosankan, serta kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik seperti dijumpai anak asyik bermain sendiri saat guru menjelaskan pelajaran.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penggunaan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs Efektif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui penggunaan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs Efektif terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan di atas dibahas melalui penelitian eksperimen dengan desain “posttest-only control design” yang dilaksanakan di kelas IV MI Salafiyah Kendal. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan data keadaan peserta didik. Datanya diperoleh dengan metode tes, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : pengunaan pendekatan Saintifik dengan Metode Practice-Rehearsal Pairs efektif Terhadap hasil belajar Siswa dibuktikan dari rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pendekatan Saintifik metode Practice Rehearsal Pairs sebesar 76,75% lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional yaitu sebesar 64,750 %, dan dibuktikan dari penghitungan , sedangkan ttabel = 1,686. Karena maka ditolak dan perbedaan rata-rata kedua hasil belajar adalah signifikan. |
id |
IOS2754.5005 |
institution |
Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
53 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Walisongo Semarang |
library_id |
93 |
collection |
Walisongo Repository |
repository_id |
2754 |
subject_area |
Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama, Islam/Agama Islam Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial |
city |
SEMARANG |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2754 |
first_indexed |
2016-11-12T03:49:34Z |
last_indexed |
2022-09-12T06:33:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765821496635162624 |
score |
17.538404 |