Efektivitas model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media pembelajaran Macromedia Flash pada materi bilangan pecahan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP NU 07 Brangsong Kendal

Main Author: Fardha, Uwaina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4999/1/103511037.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4999/
Daftar Isi:
  • Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini yaitu True Experimental Design design penelitian ini yaitu Posttest-Only Control Design. Dalam penelitian ini terdapat empat kelas, kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 27 peserta didik dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 26 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t-test satu pihak kanan antara kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media pembelajaran macromedia flash dan kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : rata rata hasil belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media pembelajaran macromedia flash diperoleh rata-rata 83,15 sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh 66,15. Rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 83,15 sudah mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 65. Selanjutnya pada pengujian perbedaan dua rata-rata hasil belajar peserta didik dari kedua kelas tersebut setelah diberi perlakuan yang berbeda, diperoleh t_hitung=5,788 dan t_tabel = 1,675 dengan taraf signifikansi 5%. Karena thitung > ttabel, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, sehingga hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media pembelajaran macromedia flash dengan peserta didik yang pembelajarannya dengan metode konvensional berbeda secara signifikan. Ini berarti model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media pembelajaran macromedia flash efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan memberikan pengalaman kepada pendidik untuk dapat menggunakan model Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media pembelajaran macromedia flash pada materi bilangan pecahan pokok bahasan operasi hitung bilangan pecahan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.