Manajemen pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial peserta didik di TK ABA 05 Semarang

Main Author: Tiyas, Wahyuning
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4997/1/103311038.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4997/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang manajemen pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial peserta didik di TK ABA 05 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh upaya pengembangan kemampuan sosial anak melalui proses pembelajaran. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial peserta didik di TK ABA 05 Semarang? (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial peserta didik di TK ABA 05 Semarang? (3) Bagaimanakah evaluasi pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial peserta didik di TK ABA 05 Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan datanya diperoleh dengan teknik wawancara bebas, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan fenomenologis dan analisis deskriptif yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial peserta didik di TK ABA 05 Semarang disusun berdasarkan visi dan misi serta tujuan lembaga, Kalender Pendidikan, Program Tahunan, Program Semester, RKM, RKH, materi dan media pembelajaran, serta metode pembelajaran. (2) Pelaksanaan pembelajarannya difokuskan pada pengembangan kemampuan sosial melalui metode pembiasaan dan bermain peran. (3) Evaluasi pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial peserta didik di TK ABA 05 Semarang dilakukan dengan teknik pengamatan, catatan anekdot, dan unjuk kerja. Selain itu, evaluasi pembelajaran juga dapat berbentuk buku penilaian perkembangan peserta didik (raport). Hasil evaluasi pembelajaran tersebut akan digunakan sebagai tolak ukur dalam pengambilan keputusan untuk merencanakan pembelajaran selanjutnya.