Eksplorasi nilai pendidikan Biologi berwawasan lingkungan dalam tradisi “Budidaya Tyto Alba” desa Tlogoweru Kecamatan Guntur Kabupaten Demak

Main Author: Halim, Abdul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4987/1/093811001.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4987/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pengembangan Tyto alba dan Pemaknaannya eksplorasi pendidikan biologi berwawasan lingkungan berbasis nilai kearifan local pada proses pengembangan Tyto alba. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif etnografis. Model analisis yang digunakan mencakup dua tahap, yakni (1) antropologi lingkungan dengan pendekatan etnoekologi dan ekologi sistemik (2) Etnopedagogi dengan pendekatan fungsional psikososial-sosiokultural untuk mengkaji nilai dan norma. Data penelitian ini berupa cerita rakyat Desa Tlogoweru dan pengembangan Tyto alba, dan catatan tradisi Pengembangan Tyto alba, yang didapatkan melalui observasi partisipatif, wawancara dengan informan, dan meminta data dokumentasi dan rekaman kegiatan. Temuan penelitian menunjukkkan struktur cerita rakyat Desa Tlogoweru dan Pengembangan Tyto alba tergolong dalam legenda pahlawan pembangun masyarakat dan budaya sebab-akibat dan akibat-sebab. Temuan pokok penelitian ini adalah (1) tradisi pengembangan Tyto alba Masyarakat Desa Tlogoweru dengan tahapan pembentukan Team, Investigasi, Introduksi, Rubuha & Karantina, Adopsi. (2) Eksplorasi pendidikan biologi berwawasan lingkungan dilakukan melalui pengembangan fondasi keingintahuan, kontekstualisasi, pembelajaran berbasis pengalaman, pembelajaran reflektif, keteladanan, dan institusionalisasi kearifan lokal;. Berdasar formula cerita, nilai pendidikan biologi berwawasan lingkungannya adalah keselarasan dengan alam, kebersamaan dengan masyarakat, dan penghargaan terhadap pendahulu.